Penyebab Dan Cara Memperbaiki Klakson Tidak Berbunyi Atau Suaranya Lemah

Penyebab Dan Cara Memperbaiki Klakson Tidak Berbunyi Atau Suaranya Lemah – Salah satu komponen ini memang penting tetapi banyak orang mengabaikan akan komponen yang satu ini, yaitu klakson. Karena pengendara motor yang beranggapan, jika mengemudi tanpa klakson pun nggk bakalan apa-apa. Tetapi faktanya banyak kecelakaan di sebabkan karena klakson mati. Anda bisa di tabrak atau menabrak.

Tetapi yang lebih banyak kecelakaan menabrak, karena klakson tidak berfungsi, kebanyakan pengendara di depan tidak tau jika di belakang ada yang mau melintas. Apalagi banyak anak muda suka ugal-ugalan. Jika kecelakaan sudah terjadi baru anda menyesal. Kenapa mengabaikan komponen motor yang sepele ini.

Tips Memperbaiki Klakson Soak

Banyak sekali pengguna motor di indonesian ini yang mengabaikan akan hal klakson ini, memang klakson ini jarang ada yang ruksak. Karena pemakaiannya tidak terus menerus, juga komponen yang satu ini tidak termasuk komponen bergerak yang lebih berpotensi rusak. Namun pasti suatu komponen yang digunakan akan mengalami kerusakan tidak berbunyi. Ada penyebab kenapa klakson tidak berbunyi atau suaranya lemah. Berikut kami akan jelaskan penyebab dan cara memperbaiki klakson mati.

Penyebab Klakson Mati Atau Suaranya Lemah :

  1. baut pengatur klakson kendor

Kendor nya baut plat metal klakson karena getaran terus menurus dari mesin motor. Jika baut kendor maka suara klakson akan melemah dan juga mati. Antara 2 metal dalam klaskon tidak menghasilkan frekwensi yang tepat.

  1. metal kontraktor rusak atau kotor.

Jika pemakaian sudah lama maka komponen ini juga akan rusak, kebanyakan kotor. Kontraktor adalah tempat terjadinya hubungan arus listrik (DC). Jika anda coba menyalakan klakson maka akan timbul percikan api dari kontraktor tersebut. Jika tidak segera di perbaiki maka akan menimbulkan kerak. Kerak ini yang mengakibatkan suara klakson lemah atau tidak bunyi sama sekali. Karena arus yang masuk terhambat.

  1. induksi pada kawat lilitan klakson atau lilitan lemah

Jika pemakaian hampir lama dan jarang di bersihkan ini penyebab suaranya lemah karena lilitan sudah tua, dan lapisan pelapis kawat sudah terkelupas.

  1. klakson mati total

Bisa juga sebabkan karena kawat lilitan putus, kerusakan pada magnet, plat dan metal kontraktor yang patah. Jika begini klakson tidak bisa di perbaiki sendiri, harus dengan mengganti bagian klakson yang telak rusak.

Itulah penyebab klaskon motor anda mati atau suaranya lemah, nah selanjutnya kami akan membagikan tentang cara memperbaiki klakson yang mati total. Baca selengkapnya di bawah ini.

Langkah-Langkah Perbaikan Klakson Mati Total:

  1. pertama anda buka klakson dari dudukannya
  2. periksa bagian baut pengatur metal. Jika baut tersebut kendor maka atur kembali, putar baut ke arah kanan atau kiri, sampai mendapatkan posisi plat yang pas. Di saat anda menyetel baut klakson harus selalu di hubungkan dengan arus listrik dari acu.
  1. buka semua baut pengikat body klakson
  2. jika sudah terbuka, periksa bagian dari metal kontraktornya. Jika hangus atau memutih, itu tandanya kontraktor tertutup kotoran. Bersihkan menggunakan amplas halus. Jika sudah bersih pasangkan kembali klakson.
  1. kencangkan dan tutup baut pengikat klakson. Aliri dengan arus. Jika klakson belum juga berbunyi maka coba putar baut pengatur seperti langkahnno 2. Posisi plat metal klakson sangat peka harus benar benar pas untuk dapat bunyi yang sesuai.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan kali ini, semoga apa yang kami sampaikan di atas tadi dapat dimengerti dan berguna serta bermanfaat buat anda semua yang mengalami klakson mati. Terimaksih

cara memperbaiki klakson motor,penyebab klakson motor tidak bunyi,cara memperbaiki klakson,klakson motor mati,penyebab klakson motor bunyi pelan,klakson motor tidak bunyi,klakson mati,penyebab klakson motor mati,penyebab klakson keong tidak bunyi,cara memperbaiki klakson rusak
loading...
Loading...
Penyebab Dan Cara Memperbaiki Klakson Tidak Berbunyi Atau Suaranya Lemah | jason | 4.5