Ini Alasan Kenapa Rante Keteng Motor Rusak

Ini Alasan Kenapa Rante Keteng Motor Rusak – Teman saya sering kali suka mengeluh karena dari bagian mesin terdengar bunyi “tek, tek, tek” dia juga bilang sangat tidak nyaman dengan bunyi yang keluar dari rante keteng tersebut, hal inilah yang menjadikan dia was was. Jadi bagi anda yang mengalami hal serupa seperti teman saya, dan tidak tahu kenapa, silakan baca ulasan kami di bawah ini.

Nah, itu karena terjadi pengendoran pada rante keteng tersebut, yang di khawatirkan mesin rontok di saat kecepatan tinggi. Kendornya rantai tersebut, memang tidak pengaruh sama sekali pada tenaga motor, tetapi efek yang di hasilkan karena masalah ini sangat bahaya, bagian mesin bisa rusak total. Jika terjadi seperti itu pasti biaya memperbaikinya juga akan mahal. Maka dari itu anda harus memahami dan mengerti apa itu rante keteng, anda juga harus tau cara mencegah masalah keteng ini. Pemilik motor wajib tau tentang masalah ini. Berikut akan kami jelaskan di bawah ini.

cara-memasang-melepas-rantai-keteng-sepeda-motor-mudah

Cara Mengatasi dan Pengertian Rantai Keteng

1.Rantai Keteng

Part yang satu ini adalah part yang menerima putaran dari crankshaft. Putaran ini di gunakan untuk menggerakan chamshaft ke kepala silinder.

Apa itu chamshaft? Chamshaft adalah komponen yang bekerja mengatur beberapa klep di mesin. Klep itu terdiri dari klep buat gas masuk atau yang keluar ke ruang pembakaran. Jika rantai keteng ini rusak akan terjadi pembakaran yang tidak sempurna, dan buka tutup klep juga sama tidak sempurna.

Dan permasalahan yang ekstrem rantai keteng putus. Akibatnya, ketika anda dalam kecepatan tinggi dan tiba-tiba rantai keteng putus, motor akan susah untuk di kendalikan. Akibat dari rontok tersebut akan menghantam girbok dan kepala silinder mesin.

2. Penyebab Kerusakan

Terlalu lama usia motor juga dapat mempengaruhi rantai, peranti itu akan aus atau rusak. Tetapi jika anda memperlakukan kendaraan anda dengan cara yang salah itu juga akan memacu terjadinya kerusakan.

Perlakuan yang salah itu misalnya, suhu mesin yang sering panas melebihi standar, putaran tinggi karena motor sering di pacu untuk balap, dan penggantian oli yang telat. Jika semua terjadi maka rantai keteng akan melar dan kendur, lalu timbul suara berisik.

3. Pergantian Rutin

Anda harus rutin melakukan pemeriksaan, minimal  1 tahun sekali, anda juga harus mengganti oli secara rutin dalam 1 bulan sekali.

jika anda tidak tau atau ragu, bawalah kendaraan anda ke bengkel yang anda percayai apalagi sudah akrab dengan anda. Tapi sebelum kamu membawa motor ke bengkel anda juga harus tau apa permasalahan dari motor anda. Takutnya anda di kelabui oknum yang tidak bertanggung jawab.

Jika motor anda motor yang jenisnya menggunakan tensioner, anda juga harus mengerti tensioner tersebut. Apa tensioner? Tensioner itu untuk mengatur ketegangan pada rantai keteng itu. Harus anda perhatikan, kebanyakan masalah ternyata rantai keteng baik-baik saja tetapi tensioner lah yang bermasalah. Anda cukup menyetel ulang tensioner, jika semuanya telah rusak, maka anda harus mengganti semua.

4.Cara Mendeteksi

Caranya pertama anda harus panaskan mesin motor pada pagi hari lalu anda dengarkan apa ada suara tek, tek, tek. Jika suara tersebut dalam waktu 10-15 menit telah hilang itu dapat di pastikan karena proses pelumasan yang bermasalah. Itu sebab oli mesin sudah jelek sehingga harus di ganti oli. Namun jika dalam waktu 15 menit suara masih ada berarti rantai keteng atau tensioner yang bermasalah.

Namun, jika ternyata lebih dari 15 menit suara belum hilang berarti rantai atau tensionernya yang bermasalah. Pesan dari kami anda harus rajin mengganti oli atau jangan mengangkut beban berat melebihi kapasitas pabrik. Selain itu gunakan cara mengemudi motor dengan baik dan benar apalagi di jalan yang sangat menanjak. Dan satu lagi dari kami gunakan suku cadang yang orisinil agar awet dan puas.

Demikian yang bisa saya sampaikan tentang penyebab rantai keteng rusak, semoga apa yang kami jelaskan dan bagikan di atas dapat berguna buat anda khususnya buat pengendara motor, tetap jaga keselamatan dan kenyamanan. Terima kasih

gejala rantai keteng rusak,ciri ciri tensioner motor rusak,ciri ciri rantai keteng rusak,ciri rantai keteng kendor,https://otomotifindo com/ini-alasan-kenapa-rante-keteng-motor-rusak/,akibat rantai keteng rusak,tanda rantai keteng rusak,keteng,ciri tensioner rusak,ciri rantai keteng rusak
loading...
Loading...
Ini Alasan Kenapa Rante Keteng Motor Rusak | jason | 4.5