Cara Memasang dan Melepas Rantai Keteng Semua Jenis Motor

Cara Memasang dan Melepas Rantai Keteng Semua Jenis Motor – Kebanyakan memang dasarnya mesin motor bertorsi 4tak sudah menggunakan rantai keteng dalam menghubungkan putaran poros engkolnya, atau biasa dikenal dengan sebutan Kruck as yang biasa pada bak mesin dengan noken as pada kop silinder. Namun, tidak hanya itu saja karena ada yang memakai push rod juga seperti halnya motor Honda CG. Oleh karena itulah pemasangan mengenai rantai keteng harus diperhatikan dengan baik, karena untuk sebagian motor hal ini sangat penting, itulah sebabnya informasi kali ini kami akan memberikan tentang bagaimana cara pemasangan dan pelepasan rantai keteng.

Cara Memasang Rantai Keteng Pada Motor

Langkah memasang rantai keteng yang pertama adalah anda harus memperhatikan dulu posisi Top mesin agar tidak berubah, nah bila sudah terpasang, selanjutnya kedua tinggal cek setelan klep apakah sudah benar atau tidak, bila diperlukan anda boleh kok menyetel klep sendiri. Untuk membedakan rantai keteng yang terpasang benar dan tidak benar biasanya sangat terlihat sekali, karena bila rantai keteng tidak pas pada posisi Top maka mesin akan susah sekali dihidupkan, atau bisa juga hidup namun akan sangat tidak normal dengan tanda mesin berebet biasanya.

Namun tidak hanya sampai di situ saja, biasanya bila pemasangan rantai keteng tidak pas akan sangat berakibat patal pada klepnya yaitu mengalami kebengkokan. Itulah sebabnya anda diharuskan sangat teliti saat pemasangannya, karena bila tidak maka alhasil anda akan terus-terusan membeli klep baru dan mengeluarkan uang lagi untuk membayar mekanik. Untuk itulah anda sangat perlu sekali mengetahui cara memasang rantai keteng yang benar, agar saat memperaktekannya anda tidak asal-asalan.Cara-Memasang-dan-Melepas-Rantai-Keteng

Cara Melepas Rantai Keteng Pada Motor

Mengenai cara melepas rantai keteng anda perhatikan dulu mesin harus berada pada posisi top, untuk lebih jelasnya silakan lihat di bawah ini. Namun, anda perlu memutar magnet kekiri dua putaran, hal itu untuk mempermudah anda dalam melihat tanda top, yang harus dibuka:

  1. Silakan anda buka dulu tutup bertanda top pada bak magnit, bila sudah tulisan T yang ada pada magnit harus sejajar dengan coakan atau garis pada bak magnit tersebut.
  2. Kemudian bukalah tutup gigi (gear timing) yang ada pada kop silinder, nah pada gear timing tersebut ada sebuah titik yang harus di sejajarkan juga pada coakan kop silinder.
  3. Selanjutnya bukalah tutup klep. Nah pada posisi top kedua roker arm/temlar harus benar-benar netral dan tidak menekan klep.
  4. Untuk lebih meyakinkan anda perlu membuka busi lalu cek apakah piston memang berada di atas TMA atau tidak, karena pada keberadaan Top mesin piston harus berada di TMA atau titik mati atas.
  5. Bila anda sudah yakin mesin dalam keadaan Top, maka anda boleh lepas bak magnit, magnit, ger starter dan komponen lainnya yang berada pada bak magnit.
  6. Terakhir anda tinggal lepas baut gear timing yang ada pada kop silinder, dan lepas juga penekan rantai keteng /otomatis timing.
  7. Barulah anda bisa melepas rantai ketengnya.

Baca Juga : Ukuran Celah Klep Dan Kerenggangan Pada Motor

Mungkin hanya sampai di sini kami memberikan informasi mengenai cara memasang dan melepas rantai keteng pada semua jenis motor, untuk kekurangannya kami mohon maaf sebesar-besarnya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda yang sedang mencari pembahasan seperti di atas, terimaksih.

cara memasang rantai keteng,cara pasang rantai keteng,rantai keteng,cara ganti rantai keteng,cara mengganti rantai keteng,keteng motor,cara memasang rante keteng,https://otomotifindo com/cara-memasang-dan-melepas-rantai-keteng-semua-jenis-motor/,cara pasang rantai keteng vario,cara ganti rante keteng
loading...
Loading...
Cara Memasang dan Melepas Rantai Keteng Semua Jenis Motor | admin | 4.5